Rasa Penat Mempengaruhi Performa Latihan

Fakta ini bisa menjelaskan mengapa kita merasa cukup makan dan istirahat, tetapi merasa kelelahan saat berlatih di gym. Berdasarkan studi yang ditulis di Journal of Applied Physiology, terungkap bahwa kepenatan yang terjadi pada mental kita bisa mengurangi kemampuan berlatih kardio hingga 15%. Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menguji atlet dengan memberi waktu 90 menit tes tertulis atau 90 menit menonton video. Kemudian ketika mereka diminta mengayuh sepeda statis, mereka mengalami kelelahan. Tapi, para atlet yang menonton video memiliki kemampuan berlatih dua menit lebih lama dibanding yang mengikuti tes tertulis.

Kata Samuel Marcora, Ph.D., penulis studi ini, hal ini mungkin disebabkan karena aktivitas mental seperti pada uji coba itu, berdampak terhadap produksi dopamin di bagian otak yang sama yang mengartikan usaha fisik.

Jadi, saranya, bersihkan kepala kita sebelum kita berlatih. Dan pertimbagkan untuk berlatih sebelum bekerja atau selama istirahat makan siang, dibanding setelah menghabiskan waktu seharian di depan komputer.

Good luck!

Sumber: MHI Indonesia Edisi Oktober 2009

About stiffler1990

Sport Enthusiast!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: