Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Berikut caranya:

  • Hitung RMR (Resting Metabolic Rate). RMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan buat bernafas, memompa darah, numbuhin rambut, berkedip, dsb.

Formulanya : Berat badan (dalam Pounds) x 10 = RMR (dalam satuan calories)

  •  Hitung daily activity burn. Daily activity burn adalah kalori yang dibutuhkan untuk gerakan-gerakan harian selain gerakan latihan.

Formulanya: RMR x 20% = Daily activity burn

Ini cuma perkiraan, secara logis, pekerja kontraktor bangunan jelas perlu kalori lebih banyak daripada programmer komputer. Kadang-kadang perlu dimodifikasi lagi buat mendapatkan jumlah daily activity burn yang paling pas.

  • Hitung kalori yang dibutuhkan buat latian. Sebagai contoh kalo buat latihan di gym kurang lebih 1 jam butuh 600 kalori.
  • Jumlahkan semua kebutuhan kalori di atas, didapatlah jumlah kalori harian yang dibutuhkan.

Formulanya: RMR + Daily activity burn + Kalori untuk latian = Jumlah kalori harian yang   dibutuhkan

Contoh: Berat saya 70 Kg (154,3 Pounds), maka RMR saya 154,3 x 10 = 1543 kalori. Daily activity burn saya 20% dari RMR yaitu 1543 x 20% = 308,6 kalori. Saya nge-gym sehari 1 jam, butuh 600 kalori. jadi total kebutuhan kalori harian saya : 1543 + 308,6 + 600 = 2451,6 kalori.

Kalau sudah tau jumlah kebutuhan kalorinya berapa, langkah berikutnya tinggal cari tau jumlah kalori dari tiap bahan makanan, dan diatur biar totalnya tidak kurang atau lebih dari jumlah kebutuhan kalori kita.

Good luck!

Sumber: P90X Nutrition Plan

About stiffler1990

Sport Enthusiast!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: